Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja 2024, Mudah dan Bisa Pakai HP

Advertisement

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja 2024, Mudah dan Bisa Pakai HP

Senin, 05 Februari 2024

 


Seperti yang diumumkan di akun Instagram resmi Prakerja, @prakerja, pendaftaran untuk akun Prakerja 2024 telah dibuka setelah penutupan selama beberapa hari.



Postingan berjudul "Belum punya akun Prakerja?" Selamat datang kembali, Sob! Untuk membuat akun sekarang juga, pergi ke www.prakerja.go.id dan klik "Daftar Sekarang".





Disebutkan juga beberapa manfaat memiliki akun Prakerja:

Anda dapat bergabung dengan gelombang seleksi prakerja jika Anda memenuhi persyaratan. Program #TalentaAIIndonesia menawarkan pembelajaran mandiri gratis tentang bidang kecerdasan buatan, data, atau keamanan cyber dengan kurikulum berkualitas industri. Selain itu, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pelatihan gratis dan murah di festival pelatihan dua bulanan #IndonesiaSkillsWeek, serta kesempatan untuk mendapatkan beasiswa sertifikasi Microsoft senilai 100 USD. Selain itu, Anda dapat menemukan rekomendasi pekerjaan melalui platform pekerjaan pintar Jobstreet.





Cara Mendapatkan Kartu Prakerja dengan Mudah

List

Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, siapkan NIK, nomor KK, nomor HP, dan e-mail yang masih aktif.



2. Bergabung dengan tren

Setelah masuk ke dalam gelombang, ikuti pilihan dan tunggu hasilnya diumumkan.



3. Menentukan Metode Pelatihan

Di Mitra Platform Digital, pilih kursus yang Anda cari dan gunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta untuk membayar. Sebelum membeli kursus, pastikan rekening bank atau e-wallet Anda terhubung.



4. Ikuti Petunjuk

Selesaikan pelatihan, ikuti tes pra dan pasca, dan dapatkan sertifikat.



5. Beri kritik dan ulasan.

Berikan nilai dan komentar tentang pelatihan yang telah Anda selesaikan di dashboard Prakerja Anda.



6. Terima Penghargaan

Anda akan menerima insentif sebesar Rp.600.000 di rekening bank atau e-wallet Anda setelah menunggu beberapa hari.



7. Isi Survei Evaluasi

Anda dapat menjawab dua survei evaluasi di Dashboard Prakerja dan menerima insentif sebesar Rp. 50.000 untuk setiap jawaban.



Akun resmi Prakerja digunakan untuk mengumumkan kembalinya program Kartu Prakerja tahun ini.



Sementara pendaftaran untuk gelombang ke-62 telah ditutup tahun lalu, pendaftaran untuk gelombang ke-63 masih belum dibuka.



Informasi pembukaan gelombang disediakan oleh akun media sosial program dan dasbor prakerja.



Program yang telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Untuk bantuan pelatihan sebesar 3,5 juta rupiah, insentif sebesar 600 ribu rupiah untuk biaya mencari kerja, dan biaya pengisian survei evaluasi sebesar 50 ribu rupiah untuk setiap dua survei akan diberikan kepada peserta.



Cara mendaftar kartu prakerja masih tetap sama seperti sebelumnya. Semua calon peserta harus membuat akun di situs web resmi https://www.prakerja.go.id/. Jika mereka ingin mendaftar di gelombang berikutnya, mereka harus mengikuti langkah-langkah dan syarat-syarat untuk mendaftar kartu prakerja tahun 2024.



Persyaratan untuk mendapatkan kartu prakerja adalah:

WNI tidak menerima pendidikan formal adalah pekerja/buruh yang sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, atau membutuhkan keterampilan tambahan, seperti dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk bisnis kecil dan mikro.
Pejabat Negara, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polisi, Kepala Desa dan perangkat desa, Direksi, Komisaris, atau Dewan Pengawas BUMN atau BUMD tidak boleh memiliki lebih dari satu NIK dalam satu KK penerima Kartu Prakerja.


Metode Pembuatan Kartu Prakerja

Untuk mendapatkan kartu prakerja 2024, Anda harus mengikuti prosedur berikut, menurut www.prakerja.go.id:

Pilih menu "Daftar" di www.prakerja.go.id jika Anda belum memiliki akun. Selanjutnya, informasi pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi lainnya harus divalidasi.
Pilih "Masuk" dengan email dan password Anda jika Anda sudah memiliki akun.
Kemudian ikuti tes kemampuan dasar dan dorongan. Klik "Gabung Gelombang" setelah gelombang pendaftaran dibuka.
Tunggu konfirmasi selanjutnya atau pengumuman kelulusan setelah pihak penyelenggara selesai melakukan evaluasi.
Peserta yang lolos seleksi akan menerima nomor kartu prakerja dan saldo di dashboard akun. Siswa harus memilih kursus yang paling mereka sukai setelah lulus.


Program kartu prakerja adalah salah satu program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja. Menurut Peraturan Presiden (PP) nomor 113 tahun 2022, peserta program kartu prakerja 2024 dapat memilih untuk mengikuti pendidikan secara campuran atau tatap muka.



Untuk pembaruan dan informasi lebih lanjut tentang pembukaan gelombang pendaftaran, silakan



Anda juga dapat mengikuti akun media sosial lainnya yang terkait dengan kartu prakerja, seperti Instagram @prakerja.go.id.



Ini adalah panduan dasar untuk mendaftar kartu prakerja dengan HP. Mudah kan?



Jangan lupa untuk memasukkan opsi terbaru untuk program kartu prakerja; semoga berhasil! (*)