Ketua KPU Klarifikasi Mik Gibran Tuding Roy Suryo Tukang Fitnah

Advertisement

Ketua KPU Klarifikasi Mik Gibran Tuding Roy Suryo Tukang Fitnah

Minggu, 24 Desember 2023


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari membantah tudingan Roy Suryo yang menyebut bahwa calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 di Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka menggunakan tiga mikrofon sekaligus. Hasyim bahkan menyebut mantan menpora itu sebagai tukang fitnah.

"Saya sebagai penyelenggara juga mengetahui dan siap bertanggung jawab. Debat berlangsung adil dan spontan. Roy Suryo memang tukang fitnah," ungkap Hasyim dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Tanggapi Roy Suryo, KPU Sebut Semua Cawapres Gunakan 3 Mik Saat Debat

Hasyim menegaskan ketiga cawapres yang mengikuti debat cawapres Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam, yakni Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar menggunakan alat mikrofon yang sama.

"Semua calon wakil presiden menggunakan alat yang sama. Mereka menggunakan tiga mikrofon sebagai langkah antisipasi jika ada mikrofon yang mati," kata Hasyim.

Hasyim juga menegaskan bahwa Gibran tidak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Menurutnya, alat yang terpasang di telinga para calon wakil presiden adalah cantolan mikrofon.

"Bukan ear feeder, itu mikrofon yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping," jelasnya.

Hasyim menambahkan bahwa seluruh calon wakil presiden dapat dihubungi untuk memverifikasi informasi tersebut.

Sebelumnya, Roy Suryo dalam unggahan media sosialnya mempertanyakan penggunaan tiga mikrofon oleh Gibran, termasuk clip-on, hand-held, dan headset. Ia mengeklaim ada beberapa kejanggalan dalam debat yang diadakan oleh KPU.

Kuasai Panggung, Skor Gibran Lampaui Cak Imin dan Mahfud di Debat Cawapres

Diketahui, debat kedua yang merupakan debat cawapres mengusung tema ekonomi (kerakyatan dan digital), keuangan, pajak, dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Debat berikutnya berlangsung pada 7 Januari 2024, untuk debat capres.(beritasatu.com)