Ganjar-Mahfud Ditikung AMIN Berdasar Hasil Survei CSIS, TPN Beberkan Fakta Mengejutkan

Advertisement

Ganjar-Mahfud Ditikung AMIN Berdasar Hasil Survei CSIS, TPN Beberkan Fakta Mengejutkan

Kamis, 28 Desember 2023

 


Centre for Strategic and International Studies atau CSIS merilis hasil survei terbarunya pasca debat pertama.

Hasil survei CSIS menempatkan Prabowo-Gibran sebagai jawara dengan elektabilitas 43,7 persen.

Berdasar data CSIS, diperingkat kedua tak lagi diisi Ganjar-Mahfud tapi AMIN atau Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,1%, menggeser posisi Ganjar Pranowo-Mahfud Md di posisi ketiga dengan elektabilitas 19,4%.


Menanggapi hasil survei CSIS, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meyakini paslon Ganjar - Mahfud MD yang akan masuk ke putaran kedua Pilpres 2024.

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, menjelaskan pihaknya belakangan memang memantau sembilan lembaga survei, termasuk CSIS.


Menurut Ansi, lembaga survei kerap menepatkan pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming di peringkat pertama.

Sementara itu pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar-Mahfud selalu bersaing di peringkat kedua.

Menurutnya, paslon yang berada di peringkat kedua dan ketiga kerap berbeda-beda di sejumlah lembaga survei.

Oleh sebab itu, Andi mengaku TPN Ganjar-Mahfud tidak hanya menggunakan basis data lembaga survei konvensional dalam memprediksi hasil Pilpres 2024.

TPN Ganjar-Mahfud, kata Andi, juga mengganggu data focus group discussion (FGD) yang mereka gelar di puluhan kota dan data analisis media.


"Ramalan kami berdasarkan triangulasi [analisis data dari survei, FGD, dan analisis media] yang kami lakukan, putaran kedua akan terjadi dan yang akan bertarung di putaran kedua 02 lawan 03," jelas Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta. (*)