Tisya Anastasya, Pesilat Amoy Bangka Dengan Sederet Prestasi

Advertisement

Tisya Anastasya, Pesilat Amoy Bangka Dengan Sederet Prestasi

Jumat, 23 Juni 2023

 


Bangka, zonamerdeka.com - Ada yang menarik pada arena kejuaraan Pencak Silat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang digelar di GOR Orom Sungailiat. Pasalnya muncul pesilat perempuan dari warga keturunan (amoy) yang tampil gesit memperagakan jurus-jurus pencak silat. Hal inilah yang membuat beberapa pesilat senior serta pengunjung kaget. Karena langka di daerah ini  warga keturunan mencintai olahraga pencak silat. Biasanya basket, bulu tangkis, tenis meja. Namun sosok amoy yang nama lengkapnya Tisya Anastasya dari Kecamatan Belinyu ini memang berbeda.


"Saya mincintai olahraga pencak silat dari kecil, karena disamping gerakannya indah juga ada unsur-unsur bela dirinya, " tutur Tisya Anastasya yang akrap dipanggil Tisya, ketika ditemui, Jum'at (23/06/2023) sebelum bertanding.


Menurutnya dari menggeluti cabor pencak silat ini, sudah beberapa kali meraih medali emas dalam even tingkat daerah maupun nasional. Popda tahun 2020 cabor pencak silat, meraih medali emas dan tahun berikutnya juga menyabet medali emas Popda  provinsi. Kemudian mengikuti International Pencak Silat Indonesia Open di Jakarta meraih medali perak serta dibeberapa kejuaraan daerah, lainnya,

"Ya, saya akan terus menggeluti cabor pencak silat untuk membuktikan diri, bahwa mampu memberi yang terbaik untuk daerahnya. Saat ini gencar latihan untuk menghadapi pekan olahraga provinsi Babel bulan agustus mendatang, " ujar Tisya.


Amoy kelahiran Kecamatan Belinyu  23 Februari 2006 ini berharap kepada pemerintah agar memperhatikan pesilat-pesilat muda yang berbakat.  Seperti tersedianya sarana prasarana untuk latihan pencak silat yang memadai serta bisa  memperjuangkan nasib pesilat kedepannya. Dengan begitu, para pesilat-pesilat muda yang ada didaerah ini, kedepannya memiliki harapan besar untuk menjadi yang terbaik ditingkat nasional bahkan berjaya sampai ke internasional,

 " Doakan ya, semoga keikutsertaan pada kejuaraan pencak silat provinsi Babel, meraih medali emas. Saya akan membuktikan menjadi pesilat yang terbaik daerah ini, " pungkas, Tisya yang saat ini duduk dibangku SMKS Yapenkos Belinyu. (heru sudrajat)