Pemda Asmat Gelar Festival Sagu Selama Tiga Hari

Advertisement

Pemda Asmat Gelar Festival Sagu Selama Tiga Hari

Senin, 26 Juni 2023

 


Asmat, Zonamerdeka.com - Sekretaris Daerah Kab. Asmat Absalom Amiyaram resmi membuka Festival Sagu yang berlangsung di Lapangan Yos Sudarso Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, Senin (26/06/2023).


Absalom pada kesempatan tersebut mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Asmat yang menginisiasi adanya kegiatan tersebut. Ia juga mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut lantaran sagu merupakan makanan pokok orang Papua khususnya Asmat, sehingga perlu dilestarikan.  




"Kegiatan Festival Sagu ini jangan hanya di tahun ini saja. Semoga kegiatan Festival Sagu ini menjadi program prioritas di tahun-tahun mendatang," ujar Absalom.


Lebih lanjut, Absalom mengatakan Festival Sagu ini merupakan suatu upaya dalam merawat serta melestarikan budaya leluhur Asmat. 


Menurutnya sagu mempunyai peranan penting bagi orang Asmat, sehingga diharapkannya melalui Festival ini dapat menyadarkan masyarakat untuk terus menjaga dan merawat hutan demi masa depan generasi yang akan datang. 


"Kita harus terus menjaga hutan agar pohon sagu yang ada bisa menjadi produk lokal untuk bisa meningkatkan ekonomi masyarakat lokal,"tandas Absalom.


Sementara itu, laporan Ketua Panitia Emilianus Ndepi menyampaikan bahwa Festival Sagu dilaksanakan selama tiga hari dengan mengangkat tema "Tumbuhkan Ekonomi Kreatif Melalui Pangan Lokal”. Ada sejumlah rangkaian acara yang akan dilaksanakan dalam Festival ini yakni Pameran Kuliner, Seminar, Talk Show, Demo Kuliner, dan terakhir penanaman bibit sagu di titik yang sudah di tentukan di kota Agats sebagai bentuk aksi nyata melestarikan sagu. 


"Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama Festival Sagu ini, juga melibatkan kelompok-kelompok binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Asmat, yaitu dari distrik Agats, Atsy, dan Akat," Jelas Emil.

(Heri/Jef)