Ribuan Ikan Mati di Sungai Kecamatan Pangkalan Kuras Pelalawan, Warga Lapor Polisi

Advertisement

Ribuan Ikan Mati di Sungai Kecamatan Pangkalan Kuras Pelalawan, Warga Lapor Polisi

Kamis, 22 Juni 2023

Ikan Hasil Tangkapan Warga di Sungai Napu Kecamatan Pangkalan Kuras

RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Ribuan ikan ditemukan mati dan mengapung di Sungai Napu Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. 


Salah seorang warga Desa Tanjung Beringin Kecamatan Pangkalan Kuras di kompirmasi Kamis (22/6/2023), menceritakan, dirinya menemukan ikan mati pada pukul 06.00 WIB, ketika hendak mencari ikan di Sungai tersebut. 


"Pagi tadi, saya hendak mencari ikan. Karena saya memang mata pencariannya sebagai nelayan. Namun, ketika tiba di lokasi saya melihat berbagai jenis ikan banyak yang mati dan mengapung. Dugaan saya, pasti diracun oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata warga.


Dijelaskannya, ada beberapa jenis ikan yang hidup di sungai tersebut. Diantaranya, ikan gabus, toman, baung, lais, ikan lele dan tapa. 


"Mungkin sungai ini ditebar racun pada malam hari di hulu, tepatnya di Kecamatan Pangkalan Lesung, karena hulunya di sana. Kalau seperti ini, habitat ikan di sungai Napu bakal menghilang," katanya.


Lebih lanjut kata warga, terkait kejadian ini, ia mengaku sudah melaporkan kepada pihak Pemerintah Desa dan Kepala Desa.


"Kasian kami yang mencari hidup dengan mencari ikan di sungai ini. Apa jadinya kalau sudah di racun seperti ini," kesahnya.


Sementara itu, Kades Tanjun Beringin Syafri membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan, warga sudah melaporkan ke pihak Kepolisian yakni Polsek Pangkalan Kuras. "Kita tunggu saja informasi dari pihak Kepolisian," tegasnya.***