Masyarakat Desa Hilifaosi Tolak Pelantikan Sekdes Hilifaosi

Advertisement

Masyarakat Desa Hilifaosi Tolak Pelantikan Sekdes Hilifaosi

Selasa, 27 Juni 2023

 


ZONAMERDEKA.COM / Nias / -- Masyarakat Desa Hilifaosi Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias Menutup Kantor Kepala Desa dan membakar Ban Mobil sambil melakukan Orasi di halaman kantor Desa dengan tujuan menolak dan tidak menerima pelantikan Sekretaris Desa yang baru, karena diduga sarat kepentingan Selasa, 27/06/2023.


Ketua BPD Desa Hilifaosi Niferman Lase mengatakan bahwa selama ini Kepala Desa kurang kordinasi dan tertutup baik kepada lembaga yang ada di Desa maupun kepada tokoh masyarakat, Sehingga inilah yang terjadi hari ini.




Salah satu tokoh masyarakat atas nama Leo Haonili Bawamenewi menyampaikan bahwa "kami sebagai tokoh masyarakat dan agama  tidak setuju dan kami tolak pelantikan atas nama Faobali Gulo, karena di duga Syarat kepentingan dan kami juga inginkan kepala Desa kami di ganti dan di berikan kami Pj. Kepala Desa sebelum di laksanakan pemilihan kepala Desa defenitif.


Camat Bawolato yang di wakili oleh Kasi Tapem Aromoni Halawa mengatakan bahwa untuk hari ini kita sepakati untuk menunda pelaksanaan pelantikan dan agar kepala Desa bisa melakukan kordinasi dan kerjasama yang baik kepada BPD, LPM, Tokoh-tokoh yang ada di Desa beserta masyarakat Desa, supaya permasalahan ini bisa di selesaikan dengan baik.


Ketua LSM Gempur Kabupaten Nias yang ikut hadir pada saat itu atas nama Fatiziduhu Zai mengatakan bahwa dari awal saya mengikuti tahapan perekrutan ini, namun sedikit saya sentil mengenai bahasa kordinasi dan kerjasama yang seharusnya kepala Desa dapat melakukan hal itu, dengan demikian makan masalah bisa di selesaikan dengan baik apabila ada rasa saling menghargai dan kerjasama yang baik.


" Untuk itu ke depan kita berharap kepala Desa dapat menggandeng para lembaga dan tokoh masyarakat dalam hal mengambil satu kesepakatan dalam membangun Desa karna pada dasarnya tidak ada masalah yang tidak dapat di selesaikan apabila ada kerjasama yang baik" kata Ketua LSM Gempur Kabupaten Nias.


Kepala Desa Hilifaosi Temasokhi Lafau mengatakan bahwa, "pelaksanaan perekrutan perangkat Desa ini sudah sesuai dengan tahapan namun untuk saat ini pelantikan kita batalkan sementara dan selanjutnya kami akan kordinasi kepada pimpinan kami di kecamatan," ucapnya mengakhiri.


Pada acara tersebut turut di hadiri oleh Kanit Intel Polsek Bawolato A.Bate,e dan anggota, Danramil yang di wakili oleh Danpos Siagian, Tokoh masyarat, Tokoh agama, dan Masyarat Desa Hilifaosi.


Des Zeb