Polisi Ungkap Kronologi Kejar Ratusan Motor Antar Jenazah Istri Riziek, Masuk Tol Via Pejompongan

Advertisement

Polisi Ungkap Kronologi Kejar Ratusan Motor Antar Jenazah Istri Riziek, Masuk Tol Via Pejompongan

Rabu, 20 Desember 2023

Polisi mengungkap rombongan motor pengantar jenazah istri Habib Rizieq Shihab yang melintas di Tol Jagorawi berjumlah ratusan. Mereka masuk melalui Tol Pejompongan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu (17/12/2023) lalu. Rombongan pemotor tersebut saat itu hendak mengantar jenazah istri HRS ke Megamendung, Kabupaten Bogor.

"Mereka masuk itu rombongan pengantar jenazah istrinya Habib Rizieq, mereka akan menuju ke Megamendung. Tentunya kan sudah tahu kendaraan yang bisa melewati itu roda empat, tetapi mereka tetap memaksakan," kata Latif kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/12).

Latif mengungkapkan, saat itu petugas kepolisian sudah mengingatkan. Akan tetapi massa tetap memaksakan diri masuk rombongan kendaraan empat untuk melintasi Tol Dalam Kota hingga akhirnya dikeluarkan di Tol Jagorawi.

"Pada saat itu memang petugas yang ada di Pejompongan sudah mengingatkan, tetapi mereka tetap memaksa," katanya.

Polisi tak tinggal diam mengetahui adanya massa bermotor yang melintas di tol ini. Petugas yang ada di Pejompongan berkoordinasi dengan Traffic Management Center (TMC) untuk melakukan pengejaran.

"Sehingga pada waktu diinformasikan kepada TMC, TMC melakukan pengejaran untuk mengeluarkan kendaraan tersebut, mulai dari Pancoran sampai Taman Mini tuntasnya," katanya.

Latif menyebutkan ada ratusan pemotor yang saat itu melintasi tol. Beberapa di antaranya dikeluarkan di GT Pancoran, beberapa yang lain di GT Taman Mini.

"Kami saat itu sudah berupaya betul karena saat itu ada ratusan kalau tidak salah. Masuknya dari Pejompongan, kita kejar, ada yang bisa dikeluarkan di Pancoran, terakhir di Taman Mini itu," pungkasnya.

Penjelasan Pengacara HRS

Pengacara Habib Rizieq, Azis Yanuar, mengaku telah mendapatkan informasi terkait adanya kejadian itu. Ia mengaku menghormati polisi yang menindak rombongan pemotor tersebut.

"Informasi sudah, dan hal tersebut sudah dikenakan tindakan administratif dan peringatan. Kami rasa hal tersebut sudah sesuai dan selesai. Dan kami menghormati langkah dari pihak kepolisian yang sudah sesuai ketentuan dan bertindak proporsional," ujar Aziz saat dihubungi wartawan, Rabu (20/12).

Seperti diketahui, istri HRS, Syarifah Fadlun binti Yahya, meninggal dunia pada Sabtu, 16 Desember 2023, karena sakit yang dideritanya. Dia disemayamkan di Petamburan, Jakarta Pusat. Kemudian, keesokan harinya, Minggu, 17 Desember 2023, jenazah almarhumah diberangkatkan ke Megamendung, Bogor, untuk dimakamkan.(detiknews.com)