Menguak silsilah keluarga Capres 2024, ternyata ada yang garis keturunan Sunan Kalijaga hingga Kesultanan Mataram Islam

Advertisement

Menguak silsilah keluarga Capres 2024, ternyata ada yang garis keturunan Sunan Kalijaga hingga Kesultanan Mataram Islam

Senin, 25 Desember 2023

Menjelang Pilpres 2024, ketiga tokoh Capres 2024 Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo banyak diperbincangkan, bagi dari segi perawakan tubuhnya, pemikiran, hingga akar silsilah keluarganya.

Meskipun silsilah keluarga Capres 2024 Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dapat memberikan dasar atau pengaruh awal, tidak dapat dipastikan bahwa hanya melalui garis keturunan seseorang dapat menjadi pemimpin yang efektif.

Lantas, di balik keambisiusan Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, seperti apakah silsilah keluarga dari ketiga Capres 2024 tersebut?

Simak ulasannya, yang telah dilansir Hops.ID dari kanal YouTube YPM Journey pada Sabtu, 23 Desember 2023.

1. Anies Baswedan

Anies Baswedan lahir di Kuningan Jawa Barat pada tanggal 7 Mei 1969 dan merupakan anak pertama dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliah.

Orang tuanya Anis Baswedan tersebut ternyata adalah tokoh pendidikan, dimana ayahnya adalah seorang Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII), sementara ibunya adalah seorang Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

"Anies Baswedan mewarisi darah Arab dari ayahnya, dia adalah cucu dari Abdurrahman Baswedan seorang Jurnalis, Nasionalis, Diplomat, Pejuang Kemerdekaan dan Pahlawan Nasional Indonesia," ujar sanga narator video.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Abdurrahman Baswedan juga merupakan pendiri dan pemimpin partai Arab Indonesia. Sebuah organisasi yang berjuang untuk hak-hak kaum minoritas terutama etnis Arab dan Tionghoa."

"Kakek Abdurrahman Baswedan adalah Umar bin Abu Bakar bin Muhammad bin Abdullah, dia adalah seorang pedagang yang berasal dari Hadramaut yang saat ini dikenal dengan sebutan Yaman Selatan," jelasnya.

Umar sendiri datang ke Indonesia sebelum abad ke-20 dengan tujuan mencari nafkah dan menyebarkan agama Islam. Ia menetap di wilayah Ampel bagian Utara Kota Surabaya yang dikenal menjadi tempat tinggal banyak keturunan Arab.

Umar menikah dengan wanita Indonesia bernama Nur binti Salim Ma'fud Baktir dan dikaruniai anak laki-laki yang menjadi ayah dari Abdurrahman Baswedan yakni Awad bin Umar bin Abu Bakar bin Muhammad bin Abdullah.

2. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951 merupakan anak ketiga dan anak laki-laki pertama dari pasangan Soemitro Joyohadikoesoemo dan Dora Mari Sigar.

Ayah dari Prabowo Subianto yaitu Soemitro Joyohadikoesoemo merupakan seorang pakar ekonomi dan politisi dari partai Sosialis Indonesia.

Sementara ibu dari Prabowo Subianto tersebut yakni Dora Mari Sigar merupakan seorang wanita Kristen Protestan yang berdarah Minahasa.

Dora Mari Sigar berasal dari keluarga papan atas Maik Kom di Langoan Sulawesi Utara.

"Dari garis keturunan sang Ayah Prabowo Subianto merupakan cucu dari Margono Joyohadikoesoemo seorang pendiri Bank Negara Indonesia (BNI) 46," ujar narator.

"Keluarga Margono Joyohadikoesoemo merupakan keturunan dari Raden Tumenggung Kertanegara yang merupakan seorang panglima dari Laskar Pangeran Diponegoro yang beroperasi di wilayah Kedu,"lanjutnya.

Oleh karena itulah dapat ditarik kesimpulan bahwa garis keturunan keluarga Prabowo subianto merupakan titisan dari para penguasa era awal Kesultanan Mataram Islam.

3. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo dilahirkan di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968 dengan nama lahir Ganjar Sungkowo.

Namun, saat menginjak usia sekolah orangtuanya mengganti Sungkowo menjadi Pranowo.

"Sungkowo sendiri adalah kata bahasa Jawa yang bermakna kesedihan. Sedangkan Pranowo merupakan kata yang berarti sebelum angka sembilan," ujarnya.

Ganjar Pranowo merupakan anak kelima dari pasangan Parmuji Pramudiwiryo dan Suparmi.

Parmuji Pramudiwiryo merupakan seorang Polisi dan pernah menjabat sebagai Kapolsek serta pernah berperan dalam meredam pemberontakan PRRI di Sumatera.

Sementara ibunda dari Ganjar Pranowo sebagai ibu rumah tangga yang fokus mengurus anak-anaknya.

"Silsilah keluarga Ganjar Pranowo paling mudah ditelusuri dari garis keturunan ayahnya yakni dari Pramuji Pramudiwiryo. Diketahui ternyata Ganjar Pranowo memiliki Kakek buyut bernama Danuyono,"sambungnya.

"Kakek buyutnya itu merupakan cucu dari Kanjeng Raden Tumenggung Mandoyo Negoro seorang ningrat yang disebut-sebut masih termasuk keturunan dari Sunan Kalijaga," pungkasnya.(hops.id)