Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, FPIK UTU Teken MOA dan Berikan Bimtek kepada Masyarakat Pulau Baguk

Advertisement

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, FPIK UTU Teken MOA dan Berikan Bimtek kepada Masyarakat Pulau Baguk

Rabu, 09 Agustus 2023

 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar tandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Pemerintah Kecamatan Pulau Banyak.


Pemerintah Kampung Pulau Baguk dan Badan Usaha Milik Kampung Pulau Baguk "Karya Mandiri", Sabtu (05/08/2023).


Kegiatan penandatanganan SPK ini, juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing PPK Ormawa BEM FPIK UTU Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si.


Dekan FPIK UTU Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU, Camat Kecamatan Pulau Banyak Mukhlis, S.STP., Keuchik Kampung Pulau Baguk Hardi beserta Sekdes Hafiz Kurniawan.


Panglima Laot Kampung Pulau Baguk Amrin T., Direktur BUMK Pulau Baguk "Karya Mandiri" Asril B., Dosen FPIK UTU Akbardiansyah, S.Kel., M.Si., dan Kelompok usaha masyarakat serta Ibu-ibu PKK.


Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si dalam kata sambutannya, menjelaskan bahwasanya kegiatan penandatanganan SPK ini bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan serta keberlanjutan program PPK Ormawa yang dilaksanakan oleh BEM FPIK UTU di Pulau Baguk.


Secara umum, SPK ini berisi poin-poin perjanjian yang berkaitan dengan dukungan pelaksanaan berupa fasilitas,pendampingan, serta monitoring dan evaluasi.


Dari para stakeholder atas kegiatan yang akan dilakukan oleh tim PPK Ormawa nantinya.


Selanjutnya, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.STP., Maitrise., M.Sc., IPU menyampaikan bahwasanya dalam kurikulum MBKM, mahasiswa memiliki hak untuk mengikuti program kampus merdeka. 


"Salah satunya melalui program PPK Ormawa yang merupakan implementasi Kampus Merdeka bagi mahasiswa.


Harapan beliau melalui kegiatan ini, stakeholder serta masyarakat dapat bersama-sama berkolaborasi dengan tim PPK Ormawa.


"Untuk mewujudkan program Desa Preuneur hingga menjadi role model (Desa percontohan) dalam pengembangan Desa Wirausaha di Daerah lain.


Sehingga desa menjadi lebih mandiri dan makmur masyarakatnya. Disisi lain, Pemerintah Kecamatan Pulau Banyak memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FPIK UTU.


Khususnya tim PPK Ormawa BEM FPIK di Pulau Banyak, karena terdapat beberapa sumberdaya yang sangat potensial untuk dikembangkan, khususnya potensi dibidang perikanan. 


Oleh karenanya, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada FPIK UTU, yang sudah memilih pulau banyak sebagai lokasi pengabdian. 


Semoga program apa yang adik-adik rencanakan, dapat terlaksana sebagaimana mestinya," ujar Mukhlis, S.STP.


Pemerintah Kampung beserta Panglima Laot Kampung Pulau Baguk, juga mengucapkan terimakasih kepada tim PPK Ormawa dan siap mendukung serta berkolaborasi dengan tim PPK Ormawa dalam mewujudkan Kampung Pulau Baguk menjadi Desa Preuneur (Desa Wirausaha).


Keesokan harinya, Minggu (06/08/2023), tim PPK Ormawa BEM FPIK UTU memberikan bimbingan teknis pengolahan ikan menjadi produk perikanan kreatif kepada pemilik usaha industri rumah tangga (Home industry) dan ibu-ibu PKK yang notabenenya merupakan istri nelayan. 


Untuk mengikuti kegiatan Bimtek tahap pertama ini, tim memberikan pelatihan pembuatan Abon Ikan dan Stik Ikan.


Diketahui, tim PPK Ormawa akan memberikan beberapa bimbingan teknis kedepannya, mulai dari diversifikasi produk, strategi produksi, pengemasan, strategi pemasaran hingga pengurusan perijinan usaha. (Sakdam Husen)