Workshop Pelatihan Konselor Remaja Sebaya PMR SMK 4 Pancasila Diminati Peserta dari Luar Kota

Advertisement

Workshop Pelatihan Konselor Remaja Sebaya PMR SMK 4 Pancasila Diminati Peserta dari Luar Kota

Minggu, 25 Juni 2023

 


Jember, zonamerdeka.com - PMR SMK 4 Pancasila Kabupaten Jember punya cara kreatif untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-7. PMR SMK 4 Pancasila mengadakan Workshop Pelatihan Konselor Remaja Sebaya bekerjasama dengan fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya secara daring, Minggu, 25 Juni 2023, pukul 10.00 - 12.00 WIB. Dengan jumlah peserta 100 orang dengan rincian 85 peserta umum dan 15 panitia dari PMR SMK 4 Pancasila. 


PMR SMK 4 Pancasila menghadirkan tiga nara sumber yang ahli dibidang Konselor Remaja Sebaya. Mereka adalah  Nur Kholifah, S.Psi,  Magdalena Florensia Susanto, S.Psi dan  Ayu Sita Dewi Ariani, S.Psi. Dosen Fakultas Psikologi Unair,  Tiara Diah Sosialita, M.Psi., Psikolog ikut meramaikan Workshop Pelatihan Konselor Remaja Sebaya. 




Johan Budi Respati, S.Pd, kepala SMK 4 Pancasila mendukung penuh kegiatan yang dilakukan PMR SMK 4 Pancasila. “Kami support penuh kegiatan-kegiatan yang banyak memberikan manfaat seperti acara Workshop Pelatihan Konselor Remaja Sebaya yang diselenggarakan PMR SMK 4 Pancasila,” kata Johan Budi Respati.


Dia berharap, kegiatan yang dilaksanakan PMR SMK 4 Pancasila merangsang ektrakurikuler yang lain. “Ini bisa memancing ekstrakurikuler yang lain untuk lebih aktif dan kegiatan seperti ini banyak memberikan manfaat dari pada main handphone,” ungkapnya. 


Laudya Anastasya Zaliani, siswa kelas X SMK 4 Pancasila sekaligus anggota PMR SMK 4 Pancasila menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan  “Ini  dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun PMR SMK 4 Pancasila yang ke-7, kami mengadakan kegiatan workshop bekerja sama fakultas Psikologi UNAIR Surabaya dengan mengangkat tema "pentingnya peranan konselor remaja sebaya untuk menjaga kestabilan mental,"  kata Laudya Anastasya Zaliani. 


Selain itu, sambungnya,  juga untuk mengembangkan ketrampilan di salah satu bidang ilmu di PMR yaitu pendidikan remaja sebaya,  serta perwujudan dari Tri Bhakti PMR. “Alhamdulillah antusias dari peserta tidak hanya dari kota sendiri, dari luar kota bahkan dari luar pulau juga antusias untuk mengikuti kegiatan workshop ini, dari Depok, Bandung, Pasuruan, Jakarta, Tangerang, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan,” ujarnya. 


“Para peserta sangat antusias dalam kegiatan, terlihat dari respon saat sesi tanya jawab, terlebih lagi ada sertifikat yang dikeluarkan oleh fakultas Psikologi UNAIR untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan syarat mengisi pre-test, Post-Test dan presensi kegiatan,” ungkapnya. (Manto)