Kabupaten Bangka Terima Bantuan 25 Unit Kapal Nelayan Tangkap 5 GT Dari Kemensos RI

Advertisement

Kabupaten Bangka Terima Bantuan 25 Unit Kapal Nelayan Tangkap 5 GT Dari Kemensos RI

Senin, 26 Juni 2023

Baharudin Bafa Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, mengenakan topi, saat meninjau pembuatan kapal di pantai Teluk Uber, Sungailiat.


 


Bangka, zonamerdeka.com - Kabupaten Bangka menerima bantuan 25 kapal nelayan tangkap 5.GT dari Kemensos RI dan bantuan serupa juga diberikan ke Kabupaten Bangka Selatan sejumlah 26 kapal nelayan tangkap 5 GT. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Baharudin Bafa, saat meninjau dilokasi pembuatan kapal nelayan tangkap, Senin (26/06/2023) di Pantai Teluk Uber, Sungailiat Bangka.


Dijelaskan Baharudin, bahwa bantuan kapal yang diberikan ke kabupaten Bangka, nantinya akan diberikan ke kecamatan Sungailiat 15 kapal dan ke kecamatan Blinyu 10 kapal. Bantuan kapal tersebut diberikan guna pemberdayaan nelayan, dimana bagi penerima bantuan kapal sebelumnya sudah diberikan pengetahuan cara membuat kapal dan ditraining, dari proses awal pembuatan kapal sampai jadi.




 "Makanya mereka penerima bantuan kapal, dipekerjakan untuk membuat kapal dan ketika kapal sudah jadi diberikan untuk mereka yang menerima bantuan kapal. Hal itu di lakukan, agar nanti kalau ada orang pesan buat kapal, mereka dapat mengerjakan. Itu yang dimaksud pemberdayaan nelayan, " ujarnya.


Baharudin menambahkan kapal bantuan dari kementrian sosial RI terbuat dari bahan fiberglass. Karena lebih ringan dan tahan lama dibanding dengan kapal yang terbuat dari kayu, "Dijadwalkan Mentri Sosial RI, Tri Rismaharini, akan datang ke Sungailiat Bangka tanggal 5 Juli 2023, langsung menyerahkan bantuan kapal nelayan tangkap 5.GT, ke nelayan," tutupnya. (eru)