Refly Harun Ungkap Spekulasi Suara Perempuan di Menit 49 yang Bisiki Gibran saat Debat

Advertisement

Refly Harun Ungkap Spekulasi Suara Perempuan di Menit 49 yang Bisiki Gibran saat Debat

Minggu, 24 Desember 2023

YouTuber Refly Harun menduga seorang perempuan membisiki Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres, Jumat 22 Desember 2023. Perempuan tersebut diduga membisiki Gibran melalui earphone atau alat komunikasi tertentu.

"Ini kan satu temuan yang perlu kita pertanyakan. Apakah itu memang dari earphone Gibran, ada orang yang memberitahukan ya. Misalnya soal waktu yang hampir habis atau jangan-jangan memberitahukan materi dan lain sebagainya," kata Refly melalui kanal YouTube-nya, Sabtu 23 Desember 2023.

Refly meyakini suara tersebut berasal dari seorang perempuan. Akan tetapi, wujud perempuan itu belum diketahui lantaran tidak terlihat.

"Saya juga dengar suara seperti itu. Suara wanita agak pelan sama,  tapi yang jelas bukan suara moderator," ujar Refly.

Refly menyatakan potongan ini bisa didengar di channel YouTube-nya pada durasi dua jam, menit-49 dan detik ke-30. Pada channel-nya terdapat rekaman video nonton debat cawapres bareng berdurasi 3 jam 34 menit dan 1 detik.

"Kalau di tempat lain, saya tidak tahu. Tetapi ini potongannya pun sudah beredar," ujar Refly.

Perempuan atau wanita itu terdengar mengatakan kata 'udah'. Refly mulai sadar ketika ada masukan dari penontonnya.

Ia kemudian mengecek pada potongan yang dimaksud dan meyakini ada suara perempuan menyatakan 'udah'. Namun Refly belum bisa memastikan apakah suara tersebut ada pada alat komunikasi salah satu peserta debat cawapres.

"Tetapi sekali lagi Ini kan baru pertanyaan apakah spekulasi itu benar atau tidak. Ya kita tentu tidak bisa mengatakan iya dan tidak, tetapi ya baiknya KPU melakukan langkah investigatif apakah memang ada alat-alat bantu yang diperbolehkan untuk dibawa. Ya misalnya semacam alat komunikasi," ujar Refly.

Berikut pernyataan Gibran saat terdengar kata 'udah' dalam debat:

".....sekarang NPWP, yang punya NPWP, ini baru 30 persen. Artinya apa? Kita harus melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi. Saya tahu pasti pada negatif thinking. Tidak. Kita tidak akan memberatkan UMKM. Yang di bawah omsetnya Rp500 juta, pajaknya nol. Pengin modal Rp200 juta KUR," demikian pernyataan Gibran yang disebut-sebut sempat terdengar kata 'udah' oleh Refly Harun.

(medcom.id)