Buat Lelucon Gerakan Salat, Alissa Wahid Ungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan Lakukan Pelanggaran Kampanye

Advertisement

Buat Lelucon Gerakan Salat, Alissa Wahid Ungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan Lakukan Pelanggaran Kampanye

Rabu, 20 Desember 2023

 


Buntut jadikan sholat bahan candaan, kini Ketua umum PAN Zulkifli Hasan banyak menuai hujatan, salah satunya dari komedian Indonesia Arie Kriting.


Diketahui, dalam acara Rakernas APPSI Zulkifli Hasan viral karena menjadikan sholat sebagai bahan candaan demi mengkampanyekan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Tak pelak, Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kini jadi bahan hujatan hingga disebut sudah melakukan penistaan agama.

Dalam paparan di Rakernas APPSI tersebut Zulkifli Hasan menceritakan, bahwa ada beberapa masyakat di beberapa daerah yang saking cintanya kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming justru merubah cara sholat agar tidak terkesan mendukung pasangan lain.

"Saya keliling daerah, Pak Kiai. Sini aman, Jakarta nggak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau salat Maghrib baca, 'waladhollin... Al-Fatihah baca 'waladholin..'ll Ada yang diem sekarang, pak. Lho kok lain," papar Zulkifli Hasan



Tidak sampai disitu,Kata dia, ada juga masyarakat yang duduk tahiyat menunjuk menggunakan dua jari.


"Itu kalau tahiyatul akhir awalnya gini (menunjukan jari telunjuk), sekarang jadi gini (menunjukkan dua jari, telunjuk dan tengah)," ujar Zulkifli Hasan yang menyebutnya saking cintanta masyarakat pada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.



Candaan Zulkifli Hasan ini pun viral, dan banyak yang memberikan komentar negatif pada dirinya yang diketahui memang merupakan koalisi yang mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Salah satu kritikan datang dari Alissa Wahid.

Ini bukan hanya blunder tapi sudah pelanggaran kampanye Pemilu. Dalam posisi bicara sebagai menteri tapi bicaranya mempromosikan Capres. 

Tidak etis. Tapi itu buat kita. Mungkin buat beliau & kelompoknya memang etika itu tidak penting. "Ndasmu etis"., tulis Alissa Wahid sebagaimana dilihat redaksi


Komika tanah air yang memang terkenal sering mengamati situasi politik yakni Arie Kriting.

Dengan pujian bernada menyindir,Arie Kriting mengakui bahwa loyalitas pendukung seperti Zulkifli Hasan memang dibutuhkan.

Hanya saja dia mempertanyakan, soal tata cara sholat yang dimaksudkan oleh Ketua umum PAN tersebut benar atau tidak, dimana ada syahadat dalam Tahiyat menggnakan dia jari.

Arie Kriting pun menarasikan bahwa Zulkifli Hasan dengan istilah pendukung kosong dua (00)