Dinas Pariwisata Sawahlunto Akan Tingkatkan Kunjungan Melalui Informasi Media

Advertisement

Dinas Pariwisata Sawahlunto Akan Tingkatkan Kunjungan Melalui Informasi Media

Senin, 26 Juni 2023

 


Sawahlunto, zonamerdeka.com - Untuk meningkatkan kunjungan di sektor pariwisata dan mengalirnya jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke kota  Sawahlunto, Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga  kota Sawahlunto adakan kerjasama dengan segenap Jurnalis yang ada baik online maupun cetak.


Kerjasama di antara kedua belah pihak berlangsung dalam kegiatan "Jumpa Pers Sekaligus Pembicaraan Kerjasama Promosi Pariwisata Kota Sawahlunto" bertempat di Simfes Meeting Room Disparpora Kota Sawahlunto, Senin 26 Juni 2023.


"Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari pertemuan kita sebelumnya di kawasan puncak Cemara II yang akan diwujudkan melalui penandatanganan kesepakatan kerjasama kemitraan dalam hal pemberitaan di media bapak dan ibuk semua" kata Kepala Disparpora, Adryusman. 


"Dari hasil evaluasi pada saat libur idul fitri tempo hari terlihat berbagai faktor yang dapat menyebabkan wisatawan tertarik  untuk datang berkunjung, selain objek utama yang mesti dikelola dan ditata secara menarik dalam hal estetika dan keindahannya, akses jalan menuju lokasi serta yang tak kalah pentingnya adalah promosi berupa pemberitaan di media massa".


"Adapun jumlah kunjungan kekota ini sampai bulan Mei yang lalu sebanyak 116.894 orang dari target 150.000 orang untuk tahun 2023 ini" katanya. 


"Untuk itu, dengan terwujudnya kerjasama kemitraan ini kami berharap dunia pariwisata di Sawahlunto World Heritage ini dapat berkembang dan maju sesuai dengan yang kita harapkan bersama yang imbasnya nanti dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dengan meningkatnya perputaran roda ekonomi" papar Adryusman.


Lebih jauh ia mengungkapkan berbagai rencana strategis dalam hal kepariwisataan di kota warisan budaya dunia tersebut kedepannya seperti peningkatan Sirkuit Kandi, pembangunan Clubbing dan kolam renang dikawasan camping ground dengan dana BKK 3,8m ditambah dengan dana APBD 2 milyar lebih, wacana pembangunan Sawahlunto Convention Center dengan bantuan provinsi 4 m dan dari APBD 6 m di kawasan Kandi serta mendorong tumbuh kembangnya desa wisata yang ada di kota Sawahlunto.


Kepala bidang pemasaran dan ekonomi kreatif, Meldi Hidayah Martha yang mendampingi Kadisparpora dalam pertemuan tersebut menuturkan bahwa kegiatan yang membutuhkan dukungan dari segenap stake holder khususnya awak media selain dalam hal promosi objek wisata juga kegiatan Sport Tourism dan produksi dari para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) agar Iven ataupun hasil produksi Ekraf dapat diketahui dan dikenal luas ditengah masyarakat. 


"Terdapat berbagai Iven yang akan diselenggarakan kedepan diantaranya adalah Sawahlunto creative corner tanggal 1 Juni, dukungan pelaksanaan kegiatan Sport Tourism yakni Iven balap sepeda "Polan Bike", penyelenggaraan olahraga panjat tebing, 25-28 Juli sebagai tuan rumah jambore geopark Indonesia tingkat nasional, pacu kuda, Sissca 7 - 10 September dan lainnya dimana diharapkan dari pelaksanaan iven2 tersebut dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke kota Sawahlunto" kata Martha


Dalam sesi diskusi terungkap harapan dari masyarakat yang disampaikan oleh awak media yaitu bentuk dukungan dari pemko kepada hotel2 yang ada dimana hingga saat ini banyak dinas atau instansi pemerintah kota tersebut menyelenggarakan pertemuan dan rapat-rapat diluar kota serta berbagai hal lainnya menyangkut kepariwisataan.


Kegiatan tersebut diakhiri dengan makan bersama dan penandatanganan kesepakatan kerjasama pemberitaan antara Diskominfo kota Sawahlunto dengan segenap awak media yang hadir.


Yanto/Faiz